.
KOMPETENSI
DASAR
SENI BUDAYA
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2013
KELAS:
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mengapresiasi keragaman dan keunikan
karya seni daerah sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan dan
memiliki rasa bangga terhadap bangsa dan tanah air
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keragaman dan keunikan (ciri-ciri
yang menjadi daya tarik) gagasan, struktur, makna dan teknik karya musik,
karya tari, karya rupa dan karya teater sebagai kekayaan budaya bangsa
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1
Mengidentifikasi konseptual,
operasional dan sintesis seni rupa
3.2
Memahami teknik vokal dan pemainan
musik ansambel
3.3
Memahami teknik vokal dan karakteristik
lagu daerah
3.4
Mengidentifikasi gerak tari kreasi
tradisi dan kreasi non tradisi berdasarkan level Tempo dan dinamika gerak
3.5
Memahami teknik penyusunan konsep/naskah
pertunjukan teater
|
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menggambar flora dan fauna
4.2
Menggambar ragam hias
4.3
Membuat karya kriya tekstil dengan memanfaatkan
berbagai teknik dan corak
4.4
Membuat karya kriya kayu dengan memanfaatkan
berbagai teknik dan corak
4.5
Menyanyikan lagu daerah secara unisono dengan
teknik vokal
4.6
Menampilkan teknik permainan musik sederhana
secara perseorangan dan berkelompok
4.7
Menyanyikan lagu daerah bentuk vokal groupdengan teknik vokal
4.8
Menampilkan musik ansambel campuran
4.9
Menemukan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan
level, tempo dan dinamika gerak
4.10 Memperagakan
teknik gerak tari kreasi tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
sesuai iringan
4.11 Mengembangkangerak tari kreasi non
tradisi berdasarkan level, tempo dan dinamika gerak
4.12 Memperagakan
teknik gerak tari non kreasi non tradisi berdasarkan level, tempo dan
dinamika gerak sesuai iringan
4.13 Menerapkan
teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber alam
sekitar sebagai inspirasi
4.14 Mengembangkanpembuatan konsep/naskah teater
yang berkaitan dengan tema alam
4.15 Merancang
pementasan dan menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater, menari dan praktik musik
4.16 Menampilkan
pertunjukan teater, musik dan tari
|
KELAS:
VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengapresiasi keragaman dan keunikan
karya seni daerah-daerah di Indonesia sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah
Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap bangsa dan tanah air
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
1.1 Menampilkan
sikap apresiatif (menyukai, menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap
keunikan (ciri-ciri yang menjadi daya tarik) gagasan, bentuk, teknik dan
fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi
1.2 Menerapkan
prinsip kerjasama dalam berteater, menari, penampilan musik ansambel dan vokal group
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konseptual, operasional dan sintesis
seni rupa
3.2
Memahami teknik menggubah lagu secara
sederhana
3.3
Mengidentifikasi keunikan gerak tari kreasi
tradisi dan tari kreasi non tradisi berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari
3.4
Memahami teknik
pemeranan
3.5
Memahami pertunjukkan teater
tradisional
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membuat gambar model dengan beragam bahan dan
teknik
4.2
Membuat gambar illustrasi dengan teknik
manual maupun digital
4.3
Membuat karya kriya logam dengan memanfaatkan
berbagai teknik dan corak
4.4
Membuat karya tapistri dengan memanfaatkan
berbagai teknik dan corak
4.5
Menggubah musik modern Indonesia untuk
disajikan secara unisono atau perseorangan (menggubah dengan membuat notasi
dan iringan menggunakan akor pokok)
4.6
Menggubah musik modern Indonesia untuk
disajikan dalam bentuk vokal grup atau kelompok (menggubah dengan membuat
notasi dan iringan menggunakan akor pokok)
4.7
Menampilkan musik modern Indonesia untuk
disajikan secara perseorangan (menggubah dengan membuat notasi dan iringan
menggunakan akor pokok
4.8
Menampilkan hasil gubahan musik modern
Indonesia untuk disajikan secara kelompok (menggubah dengan membuat notasi
dan iringan menggunakan akor pokok
4.9
Merangkai gerak tari kreasi tradisi
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.10
Memperagakan gerak tari kreasi tradisi berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.11
Merangkai gerak tari kreasi non tradisi
berdasarkan pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.12
Memperagakan gerak tari kreasi non tradisi berdasarkan
pola lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari
4.13
Menerapkan teknik olah tubuh, olah suara, dan
olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisi
4.14
Mengembangkan cerita teater dari sumber
budaya tradisi
4.15
Merancang dan Mempertunjukan teater gaya
teater tradisional
|
KELAS:
IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengapresiasi
keunikan dan kekayaan karya seni budaya Nusantara sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan dan bersyukur dan bangga terhadap bangsa dan
tanah air Indonesia
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menampilkan sikap apresiatif (menyukai,
menghargai, memuji, dan membanggakan) terhadap keunikan (ciri-ciri yang
menjadi daya tarik) gagasan, bentuk,
teknik dan fungsi dalam karya seni rupa seni kriya dua dan tiga dimensi,
penampilan musik, tari dan teater
2.2
Menerapkan prinsip kerjasama dalam seni rupa,
teater, tari dan musik
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Menganalisis konseptual, operasional dan
sintesis seni rupa
3.2
Menganalisis konsep dan prosedur dalam
menggubah lagu
3.3
Mengidentifikasi karya tari kreasi tradisi
dan tari kreasi non tradisi berdasarkan komposisi tari
3.4
Memahami teknik penyutradaraan
3.5
Memahami pertunjukan
teater modern
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
1.1
Membuat karya seni lukis dengan berbagai teknik dan aliran
1.2
Membuat karya seni patung dengan berbagai
teknik
1.3
Membuat karya seni grafis dengan berbagai
teknikMerancang dan menyelenggarakan pameran
1.4
Menggubah musik daerah/Nusantara yang
disajikan secara perseorangan (membuat notasi dan iringan akornya)
1.5
Menggubah musik daerah/Nusantara yang
disajikan secara kelompok (membuat notasi dan iringan akornya)
1.6
Menyanjikan hasil gubahan musik modern
Indonesia untuk disajikan secara unison
1.7
Menyanjikan hasil gubahan musik modern
Indonesia untuk disajikan secara kelompok
1.8
Menyusun karya tari kreasi tradisi
berdasarkan komposisi tari
1.9
Memperagakan karya tari kreasi berdasarkan
komposisi tari sesuai iringan
1.10
Menyusun karya tari kreasi non tradisi
berdasarkan komposisi tari
1.11
Memperagakan karya tari kreasi non tradisi
berdasarkan komposisi tari sesuai iringan
1.12
Menerapkan tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa gaya
teater Modern Indonesia
1.13
Merancang dan mempersiapkan pementasan gaya
teater Modern
1.14
Merancang konsep produksi dan manajemen pertunjukan
teater
|
mantap.. terima kasih, sangat membantu..
BalasHapuswww.kiostiket.com